PELITA KRISTUS

Kamu adalah GARAM dan TERANG DUNIA
Maka dari itu hendaklah kamu selalu BERPERAN sebagai GARAM dan TERANG DUNIA, sebab kamu di BERKATI untuk menjadi BERKAT bagi dunia.

Friday, May 07, 2010

MUSUH UTAMA MANUSIA



MUSUH UTAMA MANUSIA
Efesus 6 : 12

“ Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.”




Pada mulanya Allah menciptakan manusia itu sempurna adanya. Allah menciptakan manusia melebihi dari ciptaan lainnya, bahkan melebihi malaikat surgawi. Manusia diciptakan serupa gambarNya sendiri, gambar Allah. ( Kej.1;27 ): "Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.” Manusia diciptakan beda dari ciptaan lainnya, manusia diciptakan dengan design khusus. Dan manusia tidak hanya diciptakan dengan design khusus saja, tetapi manusia juga diberi kehendak bebas untuk mengambil keputusannya sendiri, bahkan lebih dari itu, manusia juga diberi kekuasaan besar untuk menaklukkan bumi dan isinya :”... penuhilah bumi dan taklukanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." ( Kej.1:28 )

Manusia adalah ciptaan yang memiliki arti tersendiri dimata Allah, manusia adalah ciptaan Allah yang paling tinggi derajatnya dan yang paling sempurna di antara semua ciptaan yang ada, oleh sebab itu Allah sangat mengasihi manusia, tetapi sayangnya manusia tidak lagi taat atau mematuhi semua perintah Allah, manusia telah melanggar apa yang telah ditetapkan oleh Allah. Walaupun manusia telah diberikan semua fasilitas yang ada, tetapi manusia tidak merasa puas dan masih mau menghendaki yg lebih lagi. Manusia telah diberi kekuasaan dan diberi kebebasan memilih untuk menguasai seluruh isi taman, kecuali satu yang tidak boleh dilanggar, yaitu memakan buah pohon terlarang, tetapi kenyataannya, manusia masih tetap saja memakannya. Sehingga akibatnya manusia mendapat hukuman dan kutukan dari Allah dan terputus hubungan dengan Allah dan jatuh didalam kebinasaan. Dan inilah awal mula kejatuhan manusia.

Saudara yang dikasihi oleh Tuhan.
Secara Rohani, kita memiliki musuh besar yang harus kita lawan dan yang harus kita perangi.
Musuh kita bersumber dari iblis, dan iblis bukan saja menjadi musuh utama kita, tetapi iblis juga menjadi musuh yang paling dibenci Allah. Iblis tidak hanya melawan Allah, tetapi iblis juga ingin menyamai dirinya setara dengan Allah. Karena iblis tidak dapat melawan Allah, sebab itu, iblis menggunakan manusia untuk melawan rencana Allah.
Sadar atau tidak ada tiga hal yang menjadi momok atau musuh utama manusia. Dan musuh inilah yang menjadi penghalang dalam hubungan antara manusia dengan Allah, dan yang membuat jarak hubungan antara manusia dengan Allah itu sendiri.

Apa saja yang menjadi momok atau musuh manusia itu ??? Lalu bagaimana manusia melawan semua musuh utamanya yang tangguh dan yang sangat kuat ini. Mari kita renungkan bersama.

Ada 3 hal yang menjadi musuh utama manusia, yaitu :

3D : DOSA ; DAGING ; DUNIA

MUSUH PERTAMA adalah : DOSA

Dosa sebenarnya sudah tercipta sejak zaman Kakek dan Nenek buyut kita, Engkong Adam dan Emak Hawa. Semua orang tahu, dosa yang paling awal adalah dosa yang telah diperbuat oleh Engkong Adam dan Emak Hawa. Akibat dari apa yang telah mereka perbuat itu, sekarang keturunannya harus menerima warisan dosa dan sekaligus harus menerima akibatnya, yaitu penderitaan, sakit penyakit dan ujungnya adalah kematian. Dosa adalah suatu tindakan yang paling dibenci Allah dan yang menjadi musuh besar yang permanen bagi manusia. Dosa tidak bisa ditawar lagi, upah adalah maut ( Rm.6:23 ).

Pengertian tentang dosa tidak bisa disamakan dengan tindakan dosa yang kita lakukan, tetapi justru terletak pada hakekat manusia sebagai orang yang berdosa itu sendiri. Sehingga Hakekat manusia sebagai orang berdosa inilah yang membawa manusia cenderung untuk melakukan tindakan dosa seperti : Mencuri ; Berzinah ; Menipu ; kesombongan dan lain sebagainya.

Kita tidak memiliki kekuatan untuk menaklukan dosa itu, oleh sebab itu manusia membutuhkan kekuatan dari Allah untuk melawan dosa dengan cara menyerahkan diri kepada Allah untuk diubah dan diperbaharui sebagai manusia ciptaan baru. Sebab sebagai manusia ciptaan baru, sudah pasti Tuhan Yesus bekerja didalam hidup kita, dengan demikian dosa tidak lagi mampu menaklukkan kita.


MUSUH KEDUA adalah: DAGING

Arti Daging disini bukan berarti daging yang menempel dibadan kita, daging yang selama ini kita makan. tetapi lebih mengarah kepada Hakekat manusia itu sendiri. Disini daging bisa diartikan keinginan manusia untuk pemuasan tubuh seperti: Iri Hati, Kesombongan, Hawa Nafsu, Emosi yang tak terkontrol, Keegoisan ataupun Hura hura dan lain sebagainya.

Kebanyakan manusia sadar adanya pertentangan antara Keinginan daging dengan Kehendak Allah. Bahkan pertentangan ini menjadi perseteruan dengan Allah ( Rm.8:7 ) sekalipun manusia sudah diberi kecukupan, tetapi manusia masih mengejar untuk mendapatkan yang lebih banyak lagi. Manusia tidak pernah puas dengan apa yang telah Tuhan berikan. Kebanyakan manusia bukan mengejar apa yang mereka butuhkan didalam kehidupan mereka, tetapi manusia lebih condong mengejar apa yang mereka inginkan didalam kehidupan mereka, sehingga akhirnya mereka diperbudak oleh keinginan daging dan hawa nafsu dan itu yang membawa mereka kepada perbudakan dunia. 1Yoh.2:16 mengatakan, :”Keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukan berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.”

Keinginan daging, adalah : percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. ( Galatia 5:19-21 )

Buah Roh, adalah : Kasih, sukacita, damai,sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah lembutan, penguasaan diri. ( Gal.5:22-23 )

Oleh sebab itu Rasul Paulus menghimbau kepada manusia, hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan hidup menurut daging. Keinginan daging sangat berlawanan dengan keinginan Roh, jika kita tidak hidup oleh keinginan Roh, maka kita tidak bisa mengalahkan dosa.

Hidup menurut Roh adalah hidup yang mau dipimpin oleh Roh Kudus. : “ Barang siapa yang menjadi milik Kristus Yesus, maka dia harus menyalibkan dagingnya.” ( Galatia 5:24 ) Tetapi barang siapa yang tidak hidup menurut Roh, maka dia tidak akan pernah hidup didalam kerajaan Allah. ( Gal.5:21b )


MUSUH KETIGA adalah : DUNIAWI

Dunia, selain disebut sebagai alam semesta raya, dunia juga di identikan dengan kehidupan orang orang berdosa, sebab dunia telah terkontaminasi dengan kehidupan yang penuh dengan dosa. Dunia telah dikuasai oleh manusia yang hidupnya sangat bertentangan dengan Allah, Dunia telah benar benar dikuasai iblis. Bahkan iblis selalu menawarkan kemegahan dunia untuk merebut hati manusia. Jangankan manusia, iblis juga pernah menawar kemegahan kepada Tuhan Yesus Kristus ( Luk.4:5-7 )

Dunia didalam arti negative adalah musuh manusia, Firman Tuhan juga mengatakan, “ matikan segala sesuatu yang duniawi yaitu : percabulan ; hawa nafsu ; kenajisan ; nafsu jahat ; keserakahan ; yang sama dengan penyembahan berhala.” ( Kol.3:5 ) dan semuanya ini mendatangkan murka Allah. ( Kol.3:6 )

Tuhan Yesus mengingatkan kepada kita, bahwa kita bukan dari dunia ( Yoh.15:19 ) tetapi kita ini adalah (bukan harus menjadi) Garam dan Terang Dunia ( Mat.5:13-14 ) kita sudah ditetapkan Allah sebagai Garam dan Terang dunia, bukan lagi harus menjadi, sebab kata kata harus menjadi itu artinya masih belum jadi, dan masih dihimbau "supaya menjadi", artinya belum.

Ingat, Kita memang hidup didunia, tetapi kita jangan menjadi seperti orang dunia, kita harus menjadi saksi Allah, oleh sebab itu kita harus mempengaruhi dunia, bukan kita yang dipengaruhi oleh dunia, sebab Allah kita Tuhan Yesus Kristus telah mengalahkan dunia. ( Yoh.16:33 )


Saudara yang dikasihi Tuhan.
Peperangan rohani kita juga merupakan peperangan yang ada di hati kita, kita memang lemah, memang sangat berat bagi kita untuk melawan kekuatan iblis, tetapi kita jangan pernah menyerah, kita harus tetap kuat, selalu bersandar kepada Tuhan dan mendekatkan diri kepada Tuhan, memang saat ini iblis menggunakan senjata peperangan rohani dari --> keinginan daging ; maupun pola dunia untuk merebut hati manusia, tetapi jikalau kita selalu hidup didalam Dia dan Dia didalam kita dan juga kita menyerahkan semua persoalan dan diri kita untuk dikuasai oleh Tuhan, maka kita tidak perlu takut dan kwatir lagi, sebab tidak ada satupun kekuatan iblis yang bisa mengalahkan kita jika kita berada didalam kuasa Allah.

Tuhan Yesus memberkati.

Amin


"Orang yang jarang berdoa atau orang yang tidak pernah berdoa, bagaikan pelari yang tidak pernah mencapai garis finish."